Situs Dosen STKIP Siliwangi Bandung -

Artikel Umum

KANCING GEMERINCING / TALKING CHIPS

Dipublikasikan pada : 13 Februari 2016. Kategori : .

Salah satu model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing. Model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing pertama kali dikembangkan oleh Spencer Kagan. Tipe kancing gemerincing merupakan salah satu dari jenis metode struktural. Yaitu metode yang menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola-pola interaksi siswa. Kagan mengemukakan tipe kancing gemerincing dengan istilah talking chips. Chips yang dimaksud oleh Kagan dapat berupa benda berwarna yang ukurannya kecil. Istilah talking chips di Indonesia kemudian lebih dikenal sebagai model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing, dan dikenalkan oleh Anita Lie.
Apa pengertian model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing?
Pengertian model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing menurut Lie (2008:63) “adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang masing-masing anggota kelompoknya mendapat kesempatan yang sama untuk memberikan kontribusi mereka dan medengarkan pandangan serta pemikiran anggota kelompok lain.” Pengertian kancing menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah sebuah benda kecil yang biasa dilekatkan di baju.
Pengertian model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing menurut Kagan:
“adalah jenis metode struktural yang mengembangkan hubungan timbal balik antar anggota kelompok dengan didasari adanya kepentingan yang sama”. Setiap anggota mendapatkan chips yang berbeda yang harus digunakan setiap kali mereka ingin berbicara mengenai: (1) keraguan, (2) menjawab pertanyaan, (3) bertanya, (4) menangkap ide, (5) mengklarifikasi pernyataan, (6) mengklarifikasi ide, (7) merespon ide, (8) merangkum, (9) mendorong partisipasi anggota lainnya, memberikan penghargaan untuk ide yang dikemukakan anggota lainnya dengan mengatakan hal yang positif.
Pengertian model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing menurut Millis dan Cottel: “adalah jenis model pembelajaran kooperatif dengan cara siswa diberikan chips yang berfungsi sebagai tiket yang memberikan izin pemegangnya untuk berbagi informasi, berkontribusi pada diskusi, atau membuat titik debat”.
Dengan kata lain metode/model kancing gemerincing adalah salah satu metode/model pembelajaran yang memacu siswanya untuk lebih kritis dalam mengemukakan pendapatnya dan membatu moderator atau pimpinan diskusi dalam kegiatan berdiskusi, dalam teknik ini pun setiap informasi yang disampaikan siswa akan berpengaruh dalam penguasaan materi siswa.